Pages

Senin, 15 Maret 2010

Instalasi LAMP di ubuntu



Bagi kalian yang ingin belajar PHP dengan database mysql ataupun yang lainnya maka kalian harus instal LAMP (Linux,Apache,Mysql,PHP) pada komputer anda. Sekarang saya akan mejelaskan bagaimana instalasi PHP, instalasi Apache dan instalasi Mysql atau untuk lebih mudah disingkat dengan instalasi LAMP :
1. Instal APACHE
- Buka Terminal (Applications--->Accessories--->Terminal)
- lalu ketik "sudo apt-get install apache2", isikan pasword root anda lalu enter.
- Buka browser anda lalu ketik localhost jika muncul tulisan it works maka instalasi anda telah berhasil tetapi jika belum sebaiknya anda ulangi lagi langkah2 di atas.

2. Instal PHP
- Buka terminal lalu ketik "sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5"
- Lalu restart apache anda dengan mengetikan "sudo /etc/init.d/apache2 restart"
- Lalu kita cek apakan php yang telah kita instal sudah jadi atau belum yaitu dengan cara membuat script php :
a. Masuk ke dalam direktori var/wwww dengan mengetikan " sudo gedit /var/www/phpinfo.php" lalu enter maka akan mucul halaman kosong, nah di situ kita tuliskan scrip php tersebut.
b. Tuis atau copy scrip php ini:
<?php phpinfo(); ?>
jika sudah simpan lalu keluar, sekarang kamu cek php yang sudah kita instal dengan cara mengetikan di browser "localhost/phpinfo.php" jika mucul halaman yang mejelaskan php yang terinstal di komputer anda berarti instalasi php anda telah berhasil. sebaliknya jika tidak mucul informasi tersebut berarti masih ada kesalahan jadi cek lagi atau ulangi instalasi anda.
3. Instal Mysql
- Buka terminal lalu ketik "sudo apt-get install mysql-server" lalu enter.
- Ikuti instruksi dari instalasi mysq, nanti anda akan diminta untuk memasukan passwornya root anda, isikan saja dengan passwor anda lalu enter.
- Jika sudah selesai dan anda ingin merubah ip address mysql anda dapat dilakukan dengan cara ketik "gksudo gedit /etc/mysql/my.cnf" enter, lalu cari "bind-address = 127.0.0.1" lalu anda dapat merubah ip tersebut kemudian simpan
4. Instal PhpMyAdmin
- Buka terminal lalu ketik "sudo apt-get install libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql phpmyadmin" lalu ikuti instalasi seperti memasukan password untuk masuk ke phpmyadmin.
- Untuk mengecek maka kalian dapat mengetikan di browser "localhost/phpmyadmin". OK jika sudah muncul halaman depan phpmyadmin yaitu anda harus mengisi password anda, Username isikan dengan "root" jika password isikan dengan pasword yang sudah kalian isi tadi saat instalasi.
Selamat mecoba..............


0 komentar:

Posting Komentar