Pages

Sabtu, 06 November 2010

Merubah Direktori Localhost Xampp


XAMPP. Dengan menggunakan XAMPP maka kita diberikan berbagai kemudahan, karena di dalam XAMPP telah terdapat semua hal yang kita butuhkan. Diantaranya adalah Apache, Mysql, FileZilla, Mercury dan Tomcat, memang tidak semua kita butuhkan jika kita masih dalam tahap pemula atau baru belajar. Dengan XAMPP kita tidak perlu mensetting Mysql karena ketika kita install maka semua sudah otomatis dapat digunakan.

Default dari XAMPP ketika diketikkan localhost adalah "localhost/xampp" yang artinya kita akan langsung diantarkan menuju tampilan xampp. Lalu bagaimana jika ingin merubahnya dengan berbagai alasan, sebagai contoh jika hendak belajar php maka ingin kita rubah ke direktori kerja kita tanpa harus mengcopy hasil kerja ke dalam direktori XAMPP. Tentu saja hal tersebut bisa kita lakukan, cukup mudah caranya :
1. Buka Folder Xampp --> apache --> conf --> httpd.conf (open with notepad)
2.Setelah terbuka cari baris yang bernama DocumentRoot "C:/xampp/htdocs" lalu ubah menjadi DocumentRoot "E:/WEB".

3. Cari baris <Directory "C:/xampp/htdocs"> lalu ubah sama dengan yang tadi yaitu <Directory "E:/WEB/"> .
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan lalu jalankan Apache dan MySql melalui control panel Xampp, untuk masuk ke dalam projek kita, buka saja browser lalu ketik "localhost" maka akan langsung menuju drive "E:\WEB". Jika akan membuka PhpMyAdmin tinggal ketik saja "localhost/phpmyadmin".

Sekiranya cukup sekian sharing dari saya yang juga merupakan pengalaman pribadi saat mengerjakan tugas...... :)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terim Kasih Bang, sangat membantu ..

Dimas.Net mengatakan...

Makasih banget mas tutorialnya,sangat membantu buat saya,semoga Allah membalas kebaikan mas amin.

Poskan Komentar